8 Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat dan Sesuai Bujet

Ketika berolahraga, salah satu aksesori yang perlu dipakai adalah sepatu. Sepatu berfungsi menjadi alas kaki saat manusia bergerak. Olahraga atau aktivitas fisik lainnya membuat struktur kaki harus menopang seluruh bagian tubuh. Jika salah memilih sepatu olahraga akibatnya bisa fatal, nih.

Bisa Membahayakan Kesehatan Jika Sepatu Olahraga Tidak Tepat

Ya,  apabila asal-asalan membeli sepatu olahraga, tubuh akan bereaksi negatif. Bukannya sehat malah sakit yang didapat. Menurut dokter, salah memilih sepatu olahraga termasuk sneakers menimbulkan beragam keluhan. Dari mulai rasa sakit di betis, tendon bagian belakang kaki, lutut, pinggul, nyeri punggung sampai jari kaki yang lecet.

Sepatu yang jarang dirawat, bau dan kotor pun bisa membuat jamur dan bakteri penyebab penyakit kulit mengintai. Hal ini disebabkan pula akibat membeli sepatu melebihi bujet. Sepatu mahal biasanya perawatannya juga harus spesial.

Maka perhatikan sisi keuangan. Anda tidak mau habis belanja, kantong jadi kosong melompong, kan? Nah, bila sering berolahraga dan ingin membeli sepatu yang pas, intip tips ini dulu, yuk!

Tips Memilih Sepatu Olahraga

  1. Pilih sepatu olahraga yang sesuai dengan jenis olahraga yang diikuti. Tidak semua sepatu cocok dipakai untuk berbagai jenis olahraga. Sepatu lari atau running shoes tidak bisa dipergunakan untuk sepak bola atau bulu tangkis. Begitu pula sebaliknya. Biasanya sepatu lari kuat dipakai menopang tubuh. Sepatu tersebut harus fleksibel agar bisa ditekuk setiap kali berlari dan kaki tidak mudah terbentur.
  2. Perhatikan bahan dan berat sepatu tersebut. Bahan sepatu olahraga perlu menyerap keringat dan awet. Contohnya seperti sneakers yang terbuat dari sol karet empuk dan kuat. Bagian atas sepatu terbuat dari kanvas, kulit, suede, atau nilon. Beberapa orang punya alergi dengan bahan tertentu. Nah, agar tidak berisiko, sebaiknya pastikan bahan sepatu olahraga tersebut nyaman dipergunakan. Selain bahan, perhatikan beratnya. Sepatu olahraga yang terlalu berat sulit dibawa bepergian ke lokasi olahraga yang ekstrem.
    Sesuaikan dengan ukuran kaki Anda. Setiap orang memiliki ukuran kaki berbeda. Belum tentu ukuran sepatu yang nyaman dipakai teman, cocok pula untuk Anda pakai. Maka pilih sepatu olahraga sesuai berat dan panjang kaki.
  1. Jangan memilih berdasarkan merek. Tidak semua merek sneakers cocok untuk dipergunakan di daerah tropis seperti Indonesia. Apalagi jika harga sneakers tersebut mahal, sayang uangnya. Ada sepatu olahraga yang cocok dipakai oleh tua-muda Indonesia. Sneakers buatan Surabaya ini mengikuti tren dan sangat nyaman dipakai. Mereknya Record. Yuk, cari di situs penjualan online atau kunjungi website-nya.
  2. Coba gunakan sepatu itu. Membeli sepatu olahraga harus dicoba, lo. Gunakan waktu sekitar 10-15 menit untuk berkeliling toko. Apakah sepatu nyaman dipakainya? Jika membeli via online, perhatikan apakah ada ketentuan untuk menukar bila sepatu kurang pas ukurannya.
  3. Beli sepatu di saat ukuran kaki maksimal. Misalnya sesudah berolahraga sebentar (pemanasan) atau ketika malam hari. Di malam hari, kaki berukuran lebih besar dibanding pada pagi dan siang hari. Sehabis berolahraga kaki telah terbiasa dengan gerakan fisik tersebut, maka sepatu yang dibeli akan terasa nyaman saat dipakai.
  4. Beli sepatu di toko yang khusus menjual perlengkapan olahraga. Toko itu bisa offline atau online. Pihak penjual akan memberikan saran seputar sepatu yang cocok dengan aktivitas olahraga Anda. Bisa pula menyarankan membeli sepatu hitam yang warnanya netral dan tidak terlihat kotor.
  5. Pakailah kaus kaki saat mencoba sepatu olahraga idaman. Dengan memakainya, Anda dapat mengetes kenyamanan menggunakan sepatu tersebut bersama kaus kaki. Apakah sesak, atau sebaliknya malah terlalu longgar.

Itulah 8 tips memilih sepatu olahraga. Semoga bermanfaat!

Beri komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>