Tips Simpel Merawat Sepatu Olahraga atau Sneakers Agar Awet

Anda gemar berolahraga? Biasanya ada perlengkapan yang menjadi teman saat berolahraga. Salah satunya adalah sepatu olahraga atau sneakers. Sepatu tersebut dipergunakan untuk melindungi kaki, sebagai alas atau tumpuan kaki ketika melangkah, berlari, melompat, dan beragam gerakan dasar lainnya. Bayangkan jika tidak memakai sneakers, kaki sebagai tumpuan tubuh akan merasakan sakit dan berdampak pada kesehatan.
Sepatu olahraga yang nyaman dipakai dapat mendukung aktivitas olahraga sehingga pemakainya merasa bersemangat. Semakin sering sepatu tersebut dipergunakan, risikonya sepatu jadi rusak dan cepat kotor. Apalagi beberapa jenis olahraga seperti lari atau joging , biasanya dilakukan setiap satu kali atau lebih dalam seminggu.
Bagi pelari, ada cara merawat sepatu lari atau running shoes yang benar. Perlu juga memperhatikan warna sepatu. Adakah yang berwarna putih? Debu dan kotoran yang menempel di sepatu lari akan mudah terlihat jika sepatu olahraga tersebut berwarna putih. Namun, jangan sampai meremehkan debu dan kotoran yang menempel di sepatu hitam, ya. Sepatu berwarna gelap pun perlu dirawat, lo.
Nah, agar sepatu awet dan tidak membuat masalah kesehatan bagi kaki, cari tahu cara perawatannya dulu. Simak tips di bawah ini, yuk!

1) Pastikan bahan sepatu olahraga yang dimiliki, apakah dari karet, kulit sintetis, atau bahan lainnya karena setiap sepatu berbeda cara penanganannya. Sneakers berbahan karet membutuhkan pembersih khusus seperti silikon untuk mencegah kerusakan. Beberapa sepatu merek tertentu biasanya dibuat dengan bahan terpilih. Sepatu Record contohnya terbuat dari bahan berkualitas baik sehingga lebih kuat.

2) Cuci sepatu olahraga tersebut dengan sabun dan penggunaan air yang sesuai, serta ikuti cara ini:
– Lepaskan tali sepatu, jangan mencucinya secara bersamaan.
– Siapkan baking soda dan detergen agar bau sepatu hilang. Pergunakan setengah sendok makan detergen dengan sejumput baking soda.
– Kemudian campurkan deterjen dan baking soda tersebut dengan air secukupnya.
– Campuran tersebut bisa pula dioleskan ke bagian dalam sepatu sneakers. Diamkan sekitar 15 menit.
– Rendam tali sepatu di cairan detergen dan air secukupnya.
– Sikat bagian dalam sepatu perlahan-lahan dengan ujung bulu sikat. Begitu pula dengan bagian luar sepatu. Jika ada gambar atau sablon yang tertera, perhatikan baik-baik agar tidak hilang bila disikat.
– Sikat bagian sol atau bawah sepatu dengan seluruh permukaan sikat. Gosok kuat-kuat, terutama bila ada kotoran atau debu yang menempel.
– Jika bagian lidah sepatu, sockliner atau insole-nya bisa dilepas, pisahkan dulu dan cuci secara terpisah. Tapi hati-hati, tidak semua sepatu olahraga dapat dicopot bagian sockliner-nya.
– Setelah itu bilas dengan air sampai busa dan kotoran hilang.
– Jemur sepatu di ruangan terbuka agar terkena angin, serta sedikit sinar matahari agar sepatu cepat kering. Sebaiknya sepatu dibiarkan terbuka, jangan menjemurnya dengan menelungkup. Jangan lupa jemur pula tali sepatu.
– Jika sudah kering, pasangkan kembali tali ke sepatu olahraga tersebut.
– Ingat, jangan mencuci sepatu olahraga dengan mesin cuci karena bisa berakibat fatal.
– Saran: bisa memakai sikat gigi atau sikat berukuran kecil agar menjangkau celah sepatu yang susah dimasuki.

3) Taruhlah sepatu yang telah dipakai di rak sepatu. Jangan dibiarkan tergeletak begitu saja. Jika masih ada kotaknya, lebih baik masukkan ke dalam kotak agar sepatu atau sneakers terjaga.

4) Pakailah spray khusus sepatu jika sepatu lama tidak dipergunakan, semprotkan 2-3 kali dalam sebulan. Taruh kapur barus atau penghilang serangga di dalam rak sepatu.
Itulah 4 tips simpel yang dapat dicoba agar sepatu olahraga awet dan tetap keren dipakai. Rawatlah baik-baik sepatu olahraga yang dipakai untuk beragam jenis olahraga kesukaan. Apakah itu sepatu untuk lari (running shoes), joging, fitness, aerobik, senam, dan beragam kegiatan fisik yang memakai alas kaki. Tentu pemilik sepatu mengharapkan sepatunya tahan lama, bukan?

Beri komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>